19 Mei 2013

Haruskah Kebaikan Itu Dipuji ?

Seringkali kita melakukan perbuatan baik kepada orang lain, baik itu untuk keluarga, teman - teman, dan bahkan orang yang belum kita kenal. Dan kita sering merasa senang bila dipuji dan disanjung saat melakukan kebaikan itu. Sebalik nya jika kita telah melakukan kebaikan dan tidak dihargai dan dipuji oleh orang lain sering kali hati kita merasa menyesal telah melakukan kebaikan itu kepada orang lain tersebut. Nah, itulah pertanyaannya, mengapa kebanyakan dari kita mengharapkan pujian ketika telah melakukan kebaikan, apakah itu yang namanya kebaikan yang kurang ikhlas ?, atau apakah kebaikan itu memang harus mendapatkan pujian ?.
Disini lah kita harus memahami apa arti kebaikan bagi kita dan bagi orang lain, kebaikan dipuji sejak kita telah berniat dari hati walau tanpa ada pujian nyata dari orang lain, kebaikan telah menjadi penyejuk dalam jiwa kita kalau kita melakukannya dengan keikhlasan, bukan kah itu yang kita ingin kan dan kita butuhkan ? ketenangan jiwa, dengan melakukan kebaikan sekecil apapun bagi orang lain tapi sangat besar untuk ketenangan jiwa kita. Jadi cobalah untuk selalu melakukan kebaikan bukan karena mengharapkan kata pujian dari orang lain.
Kebaikan yang ikhlas akan dijanjikan Allah ketenangan yang kita butuhkan, bukan hanya ketenangan jiwa namun berkah bagi hidup raga dan jiwa kita.
Jadi, jangan lakukan kebaikan besar karena kamu kurang ikhlas karena itu akan sia - sia, lakukan kebaikan atas dasar ikhlas karena Hati yang Ikhlas adalah Hati sebenar Hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar